Selamat Datang di Website Resmi Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan (STAIS Medan)

Daftar Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa

No Identitas Karya
1 Lubis, Rahmat Rifai, Irwanto Irwanto, and Muhammad Yunan Harahap. “Increasing learning outcomes and ability critical thinking of students through application problem based learning strategies.” International Journal for Educational and Vocational Studies 1.6 (2019): 524-527. Link Website
2 Hasibuan, S. C., Milfayetty, S., & Mursyid, R. M. (2019). Development of Child Worksheets Based on the Story as Subtheme “My Body” to Improve Students’ Speaking Abilities at Al-Ikhlas Early Childhood Education and Development (ECED) Medan Amplas. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal2(4), 539-546. Link Website
3 Zebua, A. M., Lubis, R. R., Batubara, A. R., & Saragih, A. K. (2022). Pembentukan Karakter Mahasiswa UINSU Medan Melalui Konsep Wahdatul Ulum. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman8(2), 39-48. Link Website
4 Wijaya, C., Lubis, R. R., Haidir, H., Suswanto, S., & Saputra, I. B. (2021). Program One Week One Story Berbasis Keislaman sebagai Bekal Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini5(2), 537-549. Link Website
5 Mesiono, M., Suswanto, S., Lubis, R. R., & Haidir, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam13(1), 119-134. Link Website
6 Mesiono, Mesiono, and Rahmat Rifai Lubis. “Manajemen Finansial Pendidikan di Indonesia (Diskursus Sistem Perpajakan pada Institusi Pendidikan).” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15.1 (2021): 14-27. Link Website
7 Tamrin, M., Lubis, R. R., Aufa, A., & Harahap, S. A. (2021). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah15(2), 127-142. Link Website
8 Lubis, R. R., Huda, S. N., & Hasibuan, H. R. (2021). PENERAPAN SKS DI MAN 1 MEDAN (Analisis Signifikansinya Dalam Percepatan Belajar Siswa). Jurnal Asy-Syukriyyah22(1), 74-92. Link WebSite
9 Lubis, Rahmat Rifai, et al. “Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 4.2 (2020). Link Website
10 Lubis, Rahmat Rifai, Rasyid Anwar Dalimunthe, and Ruslan Efendi. “Reduksi Perilaku Bolos Sekolah (Studi Tentang Kerja Sama Guru PAI dan IPS di MTs PAI Medan).” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12.1 (2020): 95-113. Link Website
11 Lubis, Rahmat Rifai, et al. “Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Keefektifan Belajar Selama Pembelajaran Jarak Jauh.” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 14.1 (2020): 38-47. Link Website
12 Lubis, R. R., Enita, P., Marpaung, M. A. F., & Harahap, R. (2020). Model Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Daring Di MTs. Usman Syarif Medan Selama Pandemi Covid-19. el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 39-53. Link Website
13 Lubis, R. R .Hasibuan, N., Winarsih, R., & Irawati, I. (2020). Model-Model Permainan Aud Di Rumah (Studi Deskriptif Di Tk Aisyiyah Kp Dadap Selama Masa Pandemi Covid-19). Kumara Cendekia8(3), 300-315. Link Website
14 Rusadi, Bobi Erno, Rohmat Widiyanto, and Rahmat Rifai Lubis. “Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa PAI Melalui Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Keterampilan Abad 21.” Conciencia 19.2 (2019): 112-131. Link Website
15 Lubis, Rahmat Rifai, and Bobi Erno Rusadi. “Problematika Implementasi Scientific Approach dalam Pembelajaran Fikih (Studi Kasus Di MTs. PAI Medan).” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 11.1 (2019): 118-134. Link Website
16 Lubis, Rahmat Rifai. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 13.1 (2019): 20-27. Link Website
17 Lubis, R. R. (2019). Teori Fitrah dan Pengembangan Agama Anak. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah13(2), 83-92.Link Website
18 Rusadi, B. E., & Yusri, D. (2019). Pemikiran Pendidikan At-Tahthawi. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah13(2), 93-99. Link Website
19 Harahap, Muhammad Yunan, Masruroh Lubis, and Muhammad Ali Hanafiah. “Strategi Penanaman Kebiasaan Beribadah Pada Anak (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim Minoritas Desa Kuta Gugung Kabupaten Karo).” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 11.2 (2019): 324-343. Link Website
20 Rasyid, Rasyid, Farida Y. Mardliyah, and Masruroh Lubis. “Hasil-Hasil Rumusan Internasional Wolrd Muslim Conference On Education Tentang Pendidikan Dalam Islam.” Jurnal Asy-Syukriyyah 22.1 (2021): 112-125. Link Website
21 Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia8(3), 316-330. Link Website
22 Hanafiah, Muhammad Ali. “Peran Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Menjaga Mutu Pendidikan Pada Masa Tersebarnya Virus Corona (Covid-19).” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 13.2 (2019): 119-123. Link Website
23 Hanafiah, Muhammad Ali, Martiani Martiani, and Citra Dewi. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar pada Permainan Bola Basket Siswa SMP.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3.6 (2021): 5213-5219. Link Website
24 Haidir, Haidir, and Nona Kumala Sari. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Deksriptif di SD Rusyda Medan).” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 12.1 (2020): 45-59. Link Website
25 Wardati, L., Syahindra, O. M. D., & Nasution, L. M. (2019). Pembelajaran Tauhid Pada Anak Usia Dini (Studi Tentang Formulasi dan Strategi Pembelajaran). Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam11(2), 247-263. Link Website
26 Adinda, W. N., Wahyuni, S., & Majidah, K. (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah8(1). Link Website
27 Majidah, K., & Syarah, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 di TK Anugrah Medan. Jurnal Raudhah9(2). Link Website
28 Lubis, Rahmat Rifai, et al. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 3.1 (2022): 33-47. Link Website
29 Lubis, Rahmat Rifai. “Universitas Islam Negeri (Studi Historisitas, Perkembangan dan Model Integrasi Keilmuan).” Hikmah 18.2 (2021): 150-167. Link Website
30 Lubis, R. R., & Yulita, F. (2021). PERAN ORANG TUA MEMBINA MENTAL ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam2(2), 101-113. Link Website
31 Lubis, Rahmat Rifai, Nana Mahrani, and Leni Masnidar Nasution. “Alternatif Strategi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di STAI Sumatera Medan.” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 4.1 (2020): 1-16. Link Website
32 Lubis, R. R., Ikbal, M., Febrianti, N. A., Astika, F. N., & Khomisah, N. (2020). Kontruksi Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMPN 3 Bilah Hilir. Jurnal At-Tarbiyah5(2), 81-95. Link Website
33 Lubis, R. R., Siregar, T. A. P., Mutia, S., Nuryantika, L., & Harahap, F. H. A. (2020). Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid 19. Jurnal At-Tarbiyah6(1), 35-47. Link Website
34 Lubis, R. R., Hanafiah, M. A., Sartika, D., Hasibuan, A. A., & Nawawi, K. H. (2019). TAḤFĪẒ ONLINE. Jurnal Pendidikan Islam9(2), 60-75. Link Website
35 Lubis, Rahmat Rifai. “Identifikasi Perilaku Dan Karakteristik Awal Peserta Didik (Konsep dan Pola Penerapan Dalam Desain Instruksional).” Hikmah 15.1 (2018): 28-34. Link Website
36 Margolang, D., Safitri, S., Rusmayani, R., & Sari, A. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Kajian Persepsi Orang Tua Tentang Efektivitas Pembelajaran Berbasis Online Di Mis Al Fajar Sei Mencirim). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam1(3). Link Website
37 Margolang, D., Harahap, A. S., Winanda, A. J., & Aidah, N. (2020). PENGENDALIAN EMOSIONAL ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam3(1), 32-43. Link Website
38 Hanafiah, M. A., Nasution, L. M., Khairuddin, Y. M., & Margolang, D. (2020). IMPLEMENTATION OF CRITICAL INCIDENT TYPE ACTIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION SUBJECTS IN PRIVATE VOCATIONAL HIGH SCHOOLS BUILT BINA TARUNAN MEDAN MARELAN. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora4(1), 83-92. Link Website
39 Ridha, Nikmatur, et al. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19.” AR-RASYID: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.1 (2021). Link Website
40 Ridha, Nikmatur, et al. “Academic Dishonesty Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa PTKU MUI SU).” Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam 1.2 (2020). Link Website
41 Lubis, Masruroh, and Dairina Yusri. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19).” Fitrah: Journal of Islamic Education 1.1 (2020): 1-18. Link Website
42 Yusri, Dairina, et al. “Analisis Kemandirian Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring: (Studi Tentang Model dan Penerapannya di MTs Swasta Zakiyun Najah Sei Rampah).” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 1.2 (2020): 1-18. Link Website
43 Yusri, D., Baiti, N. N., Bara, W. P. B., Chairanda, F., & Azizi, F. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan. AR-RASYID: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 70-78. Link Website
44 Yusri, D., Mandailing, E. M., Hasibuan, S., & Marhani, M. (2021). Peran dan Tanggung Jawab Guru dalam Menanamkan Nilai Agama dan Nilai Moral pada Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. AUD Cendekia1(2), 135-147. Link Website
45 Lubis, M., Nasution, M., Gemilasari, C., & Fakhruddin, F. (2020). Ragam Alternatif Strategi Pembelajaran Pai Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Al-Munadi Medan. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam1(2), 98-114. Link Website
46 Harahap, Ahmad Sukri. “Tinjauan Filosofis Tentang Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Pemikiran Al-Syaibany).” Hikmah 16.2 (2019): 20-26. Link Website
47 Aminuddin, Aminuddin, Ahmad Sukri Harahap, and M. Nuh Dawi. “Sistem Finansial Pendidikan di Indonesia (Analisis Tentang Signifikansinya Terhadap Pengelolaan Human Capital).” Hikmah 18.2 (2021): 119-130. Link Website
48 Harahap, A. S., Hafizhoh, N., Agustian, A., & Utami, D. (2020). Pembelajaran Pai Berbasis Daring:(Studi Tentang Inovasi Pendidikan dalam Mengelola Media Pembelajaran di SMP Baitul Aziz Tembung). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam1(2), 82-97. Link Website
49 Mahrani, Nana, et al. “Analisis Sisi Negatif Moralitas Siswa Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh.” THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam 3.1 (2020): 56-63. Link Website
50 Mahrani, N. (2021). I’jaz Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Hikmah18(2), 131-149. Link Website
51 Fauziah, I. (2018). Institusi Pendidikan Islam II: Darul Hikmah, Darul Ilmi Dan Bimaristan. Hikmah15(2), 119-127. Link Website
52 Idris, S., Rambe, D., Afriani, D., & Hastuti, H. (2021). Manajemen Kolaborasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat (Studi Deskriptif pada Organisasi Ikatan Keluarga Besar Baringin Sip). Hikmah18(1), 1-12. Link Website
53 Idris, S., Maulidiya, A., Evina, E., & Mainnah, N. (2020). Proteksi Minat Dan Bakat Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam3(1), 64-73. Link Website
54 Hanafiah, M. A., Syafri, A., Hasibuan, M. A., Salamony, F. W., & Fauzi, A. F. (2021). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SIANTAR. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat1(2), 137-146. Link Website
55 Hanafiah, M. A., Hujrah, N. N., & Tanjung, M. (2020). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI RHAUDHATUL ATHFAL AL-HIJRAH BELAWAN (Studi Kasus di Masa Pandemi Covid 19). EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan4(2). Link Website
56 Misnan, M., Sari, N., Siagian, R., & Nazifah, N. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini di RA. An Nur Medan. AUD Cendekia1(2), 121-134. Link Website
57 Mahdi, N. I., Misnan, M., Roza, Y., Ginting, E. B., & Lestari, W. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik AUD Selama Masa Pandemi Covid 19 di TK Al Ikhlas. Hikmah17(2), 86-98. Link Website
58 Misnan, Misnan. “Peta Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Hikmah 15.2 (2018). Link Website
59 Tarmizi, A., Laila, S., Sari, T. N., & Harahap, L. I. (2021). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi Kasus di Raudatul Atfal Tarbiyah Islamiyah Medan Maimun). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora4(1), 63-73. Link Website
60 Tarmizi, A., & Suwandi, S. (2022). Filosofi Manajemen Pengendalian Pendidikan. ITTIHAD6(1). Link Website
61 Sari, N. K. Hutabarat, M. S., Susanti, E., & Sopyan, M. (2020). Strategi Penanaman Karakter Islami Pada Siswa MTS Swasta Al Manar Medan Johor (Studi Kasus Selama Pembelajaran Daring). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam1(2). Link Website
62 Sari, Nona Kumala. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Analisis Terhadap Permendiknas RI. No. 24 Tahun 2007 Tentang Tandar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA).” Hikmah 16.2 (2019): 76-84. Link Website
63 Iqbal, M., Siahaan, A., Mustafa, A., & Ramadhan, B. Z. (2020). Alternatif Strategi Pembelajaran Pai Di Tengah Wabah Covid-19:(Studi Tentang Inovasi dan Kreativitas Pendidik di MTS. N 02 Simeulue). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam1(2), 55-71. Link Website
64 Iqbal, M. (2020). Maqasid Syariah Sebagai Dasar Paradigma Ekonomi Islam  Hikmah16(2), 47-58. Link Website
65 Iqbal, M. (2019). Ayat-Ayat Al-Qur’an dan hadis-Hadis Tematik Tentang Uang Dan Pembiayaan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam1(2). Link Website
66 Muthalib, A., Aisyah, A., Sukari, E., & Aulia, R. (2020). Ragam Alternatif Media Pembelajaran Pai Berbasis Psikomotorik Selama Masa Pandemi Di Ma Persiapan Negeri 4 Medan. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam1(2), 19-35. Link Website
67 Muthalib, A., Juliana, Wijayanti, D., & Syahputri, P. (2021). Pengaruh Covid 19 Bagi Pendidikan Anak Usia Dini Di Kaitkan Dengan Hadist Menuntut Ilmu Di Tk Islam Najmah Rugayah Darus Medan Helvetia. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 9-21. Link Website
68 Muthalib, A. (2020). PERKEMBANGAN ILMU USHUL FIQH PASCA IMAM MADZHAB HINGGA ABAD MODERN (Kajian Terhadap Metode Ijtihad dan Penerapannya) . Hikmah16(2), 1-13. Link Website
69 Muthalib, A. (2021). Murtad (Pindah Agama) dalam Kajian Hukum Islam. Hikmah17(2), 74-85. Link Website
70 Sitorus, S., Andriadi, D., Juwita, S., & Nasution, W. D. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas Vii C Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Pab 1 Helvetia. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam1(2), 36-54.Link Website
71 Sitorus, S. (2020). Pendapat Hukum (Legal Opinion) dan Uji Kepatutan Dari Segi Hukum (Legal Due Diligence). Hikmah15(2), 166-178. Link Website
72 Sitorus, S. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). AUD Cendekia, 1(3), 200-213. Link Website
73 Sitorus, S. (2020). Wewenang Perhimpunan Advokat Indonesia Dalam Pengusulan Penyumpahan Advokat (Analisa Yuridis Atas Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 35/PUU-XVII/2018) . Hikmah16(2), 85-94. Link Website
74 Sitorus, S., Nurhanida, N., Wahyuningsih, S., & Tobing, F. H. L. (2021). Blended Learning: Altenatif Strategi Peningkatan Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ghazali Medan Barat. AUD Cendekia1(2), 106-120. Link Website
75 Sitorus, S. (2021). Surat Kuasa dan Gugatan (Analisis Konsep dan Teknik Penulisan). Hikmah17(2), 99-114.Link Website
76 Majidah, K., (2019). Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Paud Terpadu Mutiara Yogyakarta. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini2(2), 88-101. Link Website
77 Hasibuan, S. C., Armayani, D., Simatupang, O. F., & Sari, J. (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). AUD Cendekia1(3), 174-187.Link Website
78 Hsb, S. C., Wirdani, M., & Andriani Br Lubis, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Murid Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 2019 (Studi Kasus di Raudatul Atfal Al Musabbihin Komplek Tasbi Medan). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora4(1), 39-48.Link Website
79 Syahindra, O. M. D., Khadijah, S., & Dahliah, S. A. (2020). MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA SAAT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 BELAWAN (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 19). EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan4(2). Link Website
80 Syahindra, O. M. D., Kurniawan, A., Selian, M. H. A. M., Hatizah, S., & Shita, M. (2021). Pembentukan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini di RA Intan Permata Kecamatan Medan Marelan Pada Masa Pandemi Covid 19. AUD Cendekia1(3), 161-173. Link Website
81 Syahindra, O. M. D. (2019). Pengembangan nilai-nilai demokrasi di sekolah. Hikmah16(2), 67-75. Link Website
82 Wardati, L., Husna, N., Khairunisa, A., & Lubis, H. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi Covid 19 Di RA Masjid Agung Medan Polonia. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam1(2). Link Website
83 Wardati, L. (2018). Analisis IImplementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Motivasi Belajar di MTSS Muhammadiyah-15 Medan. Hikmah15(2), 93-103. Link Website
84 Wardati, L., Husna, N., & Suryani, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corina Virus Disease-19 Berbasis Luar Jaringan Dengan Shift Model (Studi Kasus di Raudhatul Anfal An-Nazwa Medan Helvetia Sumatera Utara). PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat1(1), 110-119. Link Website
85 Damanik, S. (2022). Studi kasus: penanganan perilaku agresivitas anak usia dini di taman kanak-kanak islam terpadu harvisyah. Qurroti: jurnal pendidikan islam anak usia dini4(1). Link Website
86 Mulia, A., Deli, A. U., Lubis, E. I., & Junaida, J. (2021). Model Pengembangan Kemampuan Bahasa dan Sosialisasi Anak di Paud Aliifah Medan Marelan Selama Masa Pandemi Covid-19. AUD Cendekia1(1), 18-29 .Link Website
87 Alamsyah, Alamsyah, Rahmat Rifai Lubis, and Alfiana Utama. “Learning Design During The Covid-19 Pandemic In Stai Sumatera Medan (Study On Adjustment Of Learning Outcomes).” Proceeding International Seminar of Islamic Studies. Vol. 2. No. 1. 2021. Link Website
88 Rahmat Rifai Lubis, Muhammad Ruslan, Muhammad Ali Hanafiah, Laila Wardati, Character Education In The Pandemic Era Covid19 (Descriptive Study in MTS. PAI Medan), Inconsis, 2020. Link Website
89 Rahmat Rifai Lubis, Pendidikan Karakter dalam Bingkai Sistem Pendidikan Nasional: Studi tentang Historisitas dan Dinamikanya di Indonesia, The Dynamic Of Islamic Education  In South East Asia. Link Website
90 Dalimunthe, Rasyid Anwar, Ruslan Efendi, and Masruroh Lubis. “Challenges Of Islamic Teachers In Implementing The Tahfiz Qur’An Program During The Covid-19 Pandemic.” Proceeding International Seminar of Islamic Studies. Vol. 2. No. 1. 2021. Link Website
91 Majidah, K. (2019). Analisis Kegiatan Kolase untuk Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Difabel di RA Ar-Rafif Tirtomartani Kalasan, Yogyakarta. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 4, pp. 179-188). Link Website
92 Wardati, L., Lubis., M., Nasution, L.M., YM, K., Hanafiah, M.A., The Application Of Contextual Teaching And Learning Strategies In Islamic Religious Education Subjects At The Vocational School Of Bina Taruna 1 In Medan City, International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 4(1), 2022. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/127
93 Hanafiah, M.A, Nasution, L.M., YM, K., Margolang, D., Implementation Of Critical Incident Type Active Learning Model To Improve Student Learning Outcomes In Islamic Religious Education Subjects In Private Vocational High Schools Built Bina Tarunan Medan Marelan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora , 4(1) 2020. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/10269
94 Hanafiah, M.A., Syafri, A., Hasibuan, M.A., Salamony, F.W., Fauzi, A. F., Efektivitas Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Siantar, PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(2) 2021. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat
95 Lubis, R. R., Hanafiah, M. A., Sartika, D., Hasibuan, A. A., & Nawawi, K. H. (2019). TAḤFĪẒ ONLINE. Jurnal Pendidikan Islam9(2), 60-75. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/253
96 Lubis, R. R., Hanafiah, M. A., Mahrani, N., & Margolang, D. (2022). Andragogy-Based Learning Planning: Study of Lecturer and Student Lecture Contract Models Islamic Education Study Program. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 253–266. https://doi.org/10.51672/alfikru.v16i2.134
97 Hanafiah, M. A. (2021). Peran Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Menjaga Mutu Pendidikan Pada Masa Tersebarnya Virus Corona (Covid-19). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 13(2), 119–123. https://doi.org/10.51672/alfikru.v13i2.15
98 Haidir, Haidir, and Nona Kumala Sari. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Deksriptif di SD Rusyda Medan).” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 12.1 (2020): 45-59. Link Website
99 Harahap, Muhammad Yunan, Masruroh Lubis, and Muhammad Ali Hanafiah. “Strategi Penanaman Kebiasaan Beribadah Pada Anak (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim Minoritas Desa Kuta Gugung Kabupaten Karo).” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 11.2 (2019): 324-343. Link Website
100 Sari, N. K. Hutabarat, M. S., Susanti, E., & Sopyan, M. (2020). Strategi Penanaman Karakter Islami Pada Siswa MTS Swasta Al Manar Medan Johor (Studi Kasus Selama Pembelajaran Daring). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). Link Website
101 Asmariani, A., Sain, M., & Kumalasari, N. (2022). Mekanisme Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(3), 156–171. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i3.848
102 Sari, N. K., Sain, M., & Asmariani, A. (2023). Problems of Moodle-Based Learning Management System Development in Improving Lecturers’ Professional Competence. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 17(1), 25–36. https://doi.org/10.51672/alfikru.v17i1.160
103 Kumalasari, N. Pentingnya Manajemen Kurikulum Dalam Pengelolaan Pendidikan, At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 5(1), 2021. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/13474
104 Amar Tarmizi, Sapratul Laila, Tri Nurmala Sari, Leila Indiani Harahap, Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 (Studi Kasus di Raudatul Atfal Tarbiyah Islamiyah Medan Maimun), 4(1) 2020. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/8217
105 Nasution, I., Handoko, H., Hadi, R., Hanum, R., Tarmizi, A., & Hamdan, H. (2023). Strategi Pengembangan Proyek Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Journal on Education, 5(3), 8376-8401. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1625
106 Amar Tarmizi, Suwandi Suwandi, Filosofi manajemen pendendalian pendidikan,  Ittihad-Jurnal Pendidikan, 6 (1) 2022. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/151
107 Tarmizi, A., Akhir, M., Salam, A., & Mesiono, M. (2022). Management Challenges in Higher Education Institutions in the Era of Industrial Revolutions 4.0 and Society 5.0 in Islamic High School Sumatera Medan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2632-2639. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4863
108 Azmi, F., Handoko, H., Ningsih, A., Hanum, R., Tarmizi, A., & Hamdan, H. (2023). Manajemen Transdisipliner Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Kota Binjai. Journal on Education, 5(3), 8412-8440. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1627
109 Hawari Batubara, Abdul Muhaimin, Prismar Hamida, Sahputra Siagian, Abdi Giprakoso, Model Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid – 19 (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa Sd Rusyda Medan), al-Ulum: 1(2) 2020. https://www.ejurnalilmiah.com/index.php/Al-Ulum/article/view/72
110 Metodologi studi Islam : handbook, Chuzaimah Batubara, Iwan, Hawari Batubara, ISBN: 978-602-422-203-1, Kencana
111 Rahmat Rifai Lubis, M.Pd.I., Muhammad Ali Hanafiah, M.Si., Dr. Rasyid Anwar Dalimunthe, M.Pd.I. ; editor, Dr. Sahkholid Nasution, S.Ag., M.A., Modernisasi lektur pendidikan Islam : penguatan khazanah keilmuan mahasiswa pendidikan agama Islam, ISBN: 978-623-8246-72-4, PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023

 

Design By MRSB